Jumat, 01 April 2011

CONTOH PROPOSAL


I.          LATAR BELAKANG
Bahasa merupakan sistem lambang bunyi oral yang arbitrar yang digunakan oleh sekelompok manusia (masyarakat) sebagai alat komunikasi. Bahasa itu merupakan fenomena sosial, tidak bisa dilepaskan dari masyarakat yang memiliki dan menggunakannya (Suparno, 1994)
Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional adalah lambang kebulatan tekad kebangsaan Indonesia, alat pengikat dan penyatuan berbagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang kebahasaan, kebudayaan, dan kesukuan dalam satu masyarakat nasional Indonesia. Hal inilah yang menjadi dasar pentingnya dilaksanakan pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia secara berkelanjutan.
Pembinaan diartikan sebagai usaha sadar, terencana, dan sistematis tentang peningkatan mutu bahasa Indonesia, sehingga masyarakat pemakai bahasa Indonesia memiliki kebanggaan dan kegairahan untuk menggunakannya. Pengembangan diartikan sebagai usaha sadar, terencana, dan sistematis tentang peningkatan mutu dan kelengkapan bahasa Indonesia, sehingga dapat digunakan secara efektif sesuai dengan kedudukan, fungsi, dan perkembangan zaman. Dengan demikian, pembinaan berkaitan dengan bagaimana pemakai bahasa Indonesia berkemampuan menggunakannya dengan baik dan benar dalam berbagai peristiwa komunikasi. Sedangkan pengembangan berkaitan dengan bagaimana bahasa Indonesia dapat menjalankan fungsinya sebagai pemersatu, bahasa pemerintahan, bahasa pengantar pendidikan, bahasa perhubungan resmi, dan bahasa pendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.
Wujud pembinaan bahasa Indonesia yang sedang dan telah dilakukan diantaranya melalui pembelajaran bahasa Indonesia mulai dari pendidikan usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai perguruan tinggi. Termasuk pula dalam upaya pembinaan bahasa Indonesia ini adalah kegiatan penyebaran berbagai informasi kebahasaan dan kesastraan melelui media audio, visual, maupun audio visual. Wujud pengembangan bahasa yang sedang dan telah dilakukan diantaranya melalui pembakuan bahasa, perluasan kosa kata, penelitian bahasa, pengadaan kamus bahasa, dan berbagai kegiatan kajian ilmiah yang lainnya.
Di Jombang banyak terdapat stasiun radio yang mengudara hampir disetiap kecamatan, baik yang didirikan oleh pemerintah ataupun swasta. Oleh karena itu, seiring dengan tujuan pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia tersebut, maka mata kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia (PPBI) dibawah naungan Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang, bermaksud membuat kegiatan siaran pembinanaan dan pengembangan bahasa Indonesia melalui media radio. Sehingga kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan yang lebih kepada mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah ini, serta bagi seluruh pendengar/masyarakat umum yang mempunyai permasalahan tentang bahasa Indonesia dapat terjawab melalui kegiatan ini.

II.          NAMA KEGIATAN
Program ini bernama “Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia Melalui Siaran Radio”

III.          WAKTU
Program ini dilaksanakan mulai minggu ke-3 bulan Maret 2011 s.d. minggu ke-4 bulan Juli 2011.

IV.          TUJUAN SIARAN
1.    Untuk meningkatkan kemampuan berbicara khususnya dalam kapasitas siaran di radio.
2.    Untuk pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia.
3.    Untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang pemakaian Bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada masyarakat.
4.    Untuk memperluas pengetahuan mahasiswa dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

V.          SASARAN PENYIAR
1.    Masyarakat umum pengguna bahasa
2.    Pelajar SD, SMP, SMA, dan Mahasiswa
3.    Para Pendidik

VI.          NARASUMBER
Mahasiswa STKIP PGRI Jombang Program Studi Bahasa dan Sasrta Indonesia kelas 2008–E yang terbagi menjadi dua kelompok, dan dalam setiap kelompok terdiri dari 5 s.d. 6 orang. Data kelompok dan tema yang akan dibahas sebagaimana tertulis dalam program jadwal siaran.

VII.          SIMPULAN
Tujuan pembelajaran mata kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesai (PBBI) ialah mahasiswa diharap dapat meningkatkan kemampuanya dalam menyelesaikan permasalahan bahasa Indonesia. Selain itu, juga diharapkan mampu mengadakan pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia kepada masyarakat umum pengguna bahasa. Oleh karena itu kami menggunakan stasiun radio terutama stasiun radio yang ada di wilayah Kab. Jombang sebagai media untuk mewujudkan tujuan tersebut.


                    Jombang, 18 Maret 2011
Mengetahui,
a.n. Ka. Prodi
Bahasa dan Sastra Indonesia



Faizun, S. Pd, M. Pd

                Dosen Pembimbing PPBI



                Nur Wahyuningsih, S. Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar